5 TIPS BELAJAR GITAR SENDIRI YANG HARUS KAMU TAU



Hallo, balik lagi sama aku

Dikesempatan ini aku akan berbagi pengalaman, bagaimana caranya belajar gitar sendiri dari nol dan benar-benar sendiri. Jadi ini aku sharing berdasarkan pengalamanku sendiri. Saat itu aku benar-benar tidak tahu tentang permusikan , apalagi gitar . 

Sebagai gambaran betapa nol nya imu musikku, aku benar-benar tidak tahu jika agar sebuah gitar bisa di mainkan dengan benar harus di stem/di stel dengan benar baru nadanya bisa terdengar. Singkatnya pada suatu ketika aku tau jika gitar memang harus di steam.

Hingga saat ini aku sudah bisa memainkan lumayan banyak lagu, nah langsung aja kita bahas, tidak usah bertele-tele.


BELI GITAR YANG BENAR

Disini aku akan sharing, dulu aku taunya semua gitar itu sama. Hingga pada suatu ketika aku memutuskan untuk membeli gitar pertamaku di sebuah supermarket, saat itu harga gitar itusangat murah maka dari itu aku tertarik untuk beli. Lalu aku membelinya, dan berkali-kali aku mencoba memainkannya walaupun letak kunci sudah benar tapi suaranya tidak ada yang nyambung. Hingga pada suatu saat seseorang datang membantuku dan mencoba, ternyata ternyata yang salah bukan ada padaku tapi pada gitarnya, ukuran fred gitarnya tidak sesuai yang mengakibatkan sulitnya gitar tersebut di stel. Oke ini adalah rekomendasi untuk kalian yang baru mau beli atau ingin belajar gitar sehingga tidak frustasi:

  • Belilah gitar di Toko alat music / kalau bisa pesan di pegrajin gitar yang sudah teruji
  • Belilah gitar yang lapisan kayunya dobel / tebal. Karena lapisan tipis membuat bunyinya kurang nyaring
  • Pilihlah senar gitar yang empuk, sehingga mudah di tekan
  • Kalau bisa saat kalian beli , minta langsung di stem/stel , jadi kamu bisa tau itu gitarnya bener/tidak


PILIH SENAR UNTUK PEMULA


Biasanya senar yang bagus pemula adalah FENDER , kalian bisa beli di toko music / alat olah raga biasanya ada. Kalian bisa membeli merek apa saja yang penting jenisnya Fender.

Kenapa fender, karena senar jenis ini empuk di tangan , jadi saat kita baru belajar biasanya jari akan mudah sakit karena kurang terbiasa menekan senar. Jadi kita bisa lebih betah dalam belajar Karena mudah di tekan.


STEAM GITAR


Ini adalah bagian yang tak kalah penting, karena tanpa di stel dengan benar tentunya nada tidak akan terbentuk walaupun sebenernya kita sudah menekan kunci yang benar. Terdengar sepele, tapi pastinya saat kalian belajar dan tidak bisa-bisa kalian pasti akan merasa kesal, kemudian jadi malas.

Kalian tidak perlu Tibet dan bingung dengan stem gitar ini , karena saat  ini ada alat bahkan ada aplikasinya di HP. Tapi aku tidak rekomendasi untuk lewat aplikasi di HP, tapi jika kalian bisa lewat aplikasi di HP ya silakan. Kalian bisa menggunakan alat stem gitar seperti gambar di bawah. Kalian bisa coba dengan merek apa saja, tapi saya menggunakan merek Fzone.


Ini adalah kunci dasarnya di setiap senarnya. Jadi saat kalian steam dengan alat. Susunannya harus seperti di bawah ini


BELAJAR KUNCI DASAR

Belajar kunci dasar di sini kita belajar kunci pokok yang sering dan mudah untuk di gunakan, sehingga saat kalian belajar untuk memainkan kalian mudah saat memindahkan kunci. Contoh kunci dasar yang harus kalian kuasai, C, G, E, Em, Am, A, D, Dm, F (agak sulit tapi sering muncul).

Kunci-kunci itu sering ada di sebuah lagu dan mudah untuk di pencet / tidak ribet. Sebaiknya kalian cari lagu yang ingin kalian pelajari, baru kalian belajar memainkannya. Tapi sebaiknya kunci yang terkandung di lagu yang kalian pilih hanya mengandung kunci di atas.




GENJRENG / PETIK

Kalau dari aku sendiri aku lebih memilih genjreng karena menurut saya petikan itu lebih sulit karena saya sulit membedakan nada-nada. Alias kalo tidak searching kuncinya dulu di internet saya tidak bisa main. Tapi ini terserah kalian , tapi kalo dari aku sendiri lebih mudah untuk belajar genjrengan dulu.

Nah itulah beberapa tips penting dari aku untuk kalian yang belajar gitar sendiri secara mandiri. Bagi kalian yang sedang balajar selamat belajar, di bawah ini  ada chord lagu yang bisa kalian gunakan untuk belajar,


Tanpa Tergesa - Juicy Luicy

Tuning: E A D G B E
Key: C
[Verse 1]
 C
Jaga dulu jarak kita
 Em
Jika tak ingin akhirnya
 Dm          G
Kau menangis lagi
 C
Jangan terlalu kau dekat
 Em
Jangan buat terikat
 Dm              G
Coba kau rasakan lagi
 [Pre-Chorus]
Em                Dm
Mungkin kau dapat perannya
Em                 G
Tapi hanya sebagai bayang-bayangnya saja


[Chorus]
 F                 G
Jangan minta jatuh cinta
 Em                  Am
Luka lama ku juga belum reda
 Dm                G             C
Beri dulu aku waktu untuk sembuh sendirinya
 F                 G
Jangan minta jatuh cinta
 Em                   A
Sakit sebelumnya masih kurasa
 Dm                  G             C
Beri waktu hingga aku mampu lupakan semua


Anji – Dia

(Chord lagu ketiga untuk Belajar Gitar Pemula)
(Intro)
G    C    G    C    D

G             D
Di suatu hari tanpa
Em            D
Sengaja kita bertemu
C                  G
Aku yang pernah terluka
Am               D
Kembali mengenal cinta
G              D            Em
Hati ini kembali temukan
D
Senyum yang hilang
C                  D        G     D
Semua itu karena dia

(Reff)
G        D            Em
Oh Tuhan…. ku cinta dia
D         C              G
Ku sayang dia rindu dia
Am           D
Inginkan dia….
G                B       Am        G     E
Utuhkanlah…. rasa cinta di hatiku
C            D              G        C
Hanya padanya… untuk dia




Tidak ada komentar:

Posting Komentar

SLIME KIT SlimeDong - Paket Pembuat Slime 100% berhasil

Slime merupakan mainan di segala kalangan, entah itu anak-anak maupun orang dewasa. Konon katanya Slime bisa membatu untuk merefleksi otak d...