CARA MEMBUAT CLAY DARI TEPUNG YANG MUDAH, KUAT DAN MUDAH DI BENTUK

Hallo semua, di artikel ini aku akan membuat tutorial cara membuat clay dari tepung. Kebanyakan clay itu adalah paper clay yang biasanya menggunakan tisu sebagai bahan dasarnya. tapi menurut saya caranya agak sedikit ribet di bandingkan dengan tepung. memang hasilnya lebih bagus yang paper clay namun clay tepung tidak kalah dan cukup bisa di andalkan. 

Jika kalian malas baca dan bingung cara aplikasinya, kami sudah siapkan dalam bentuk video KLIK DISINI atau video di bawah :



Clay atau lempung modern biasanya di gunakan untuk membuat karya-karya seperti miniatur dan gantungan, bisa juga di gunakan untuk pelapis bagian luar saat membuat seperti rumah-rumahan. Selain karena mudah di mainkan dan mudah untuk di bentuk, clay sangat simpel dalam hal cara mengeraskannya yang cukup di diamkan saja.

Clay hampir sama dengan porselin hanya saja cara mngeraskan porselin harus di bakar atau di panggang sedangkan clay hanya di diamkan saja. sebenarnya kalian juga bisa membeli clay seperti di bawah ini :


Tapi kalian tentunya harus merogoh kocek agak dalam ya. Maka dari itu inilah dia tutorial membuat clay yang tidak kalah dengan yang beli, dan sangat mudah, tidak ribet dan wangi. 

Bahan yang harus kalian siapkan :

*  10 Sdm Tepung Terigu
*  10 Sdm Tepung Beras
*  10 Sdm Tepung Tapioka
*  1 Sdt Natrium Benzoat (pengawet makanan agar tidak berjamur)
*  Lem PVA / Lem kayu 
*  Baby Oil
*  Pewarna Makanan

Semua bahan di atas bisa segala merek ya , tidak ada ketentuan merek. Dan untuk pewarna boleh ada boleh tidak. Jika sudah berikut adalah langkahnya :

Pertama,
Siapkan wadan lalu tungakan tepung terigu, tepung beras, tepung tapioka dan natrium benzoat, kemudian aduk hingga tercampur merata.




Kedua,
Masukkan lem lalu aduk hingga tercampur



Ketiga
setelah tercampur kalian bisa menguleninya dengan tangan agar hasilnya lebih tercampur dan maksimal. Sebelum menguleni sebaiknya olesi dulu telapak tangan kalian dengan baby oil agar tidak lengket

Keempat
Sambil menguleni, kalian bisa menambahkan baby oil sedikit demi sedikit agar clay tidak lengket saat di gunakan atau dimainkan.

Kelima
Jika sudah tercampur sempurna dan ketika di mainkan tidak lengket di kulit itu artinya sudah jadi dan siap untuk di mainkan atau di gunakan


CARA MENYIMPAN AGAR TAHAN LAMA

Jika kalian ingin menggunakan untuk lain waktu clay ini sangat bisa asal di simpan dengan cara yang benar. Kalian cukup menyiapkan plasti dan kalau bisa kalian menyiapkan wadah toples juga agar lebih aman. Cara menyimpan ini sekiranya bisa membuat clay tahan selama 2 bulan lamanya. berikut adalah caranya 

Pertama
siapkan plastik, di sini saya menggunakan plastik klip. Tapi jika kalian ingin menggunakan plastik biasa juga tidak masalah asal di tali dengan rapat.


Kedua
Olesi permukaan dalam plastik dengan bebay oil, agar clay tidak lengket pada plastik


Ketiga
masukkan clay dalam plastik secukupnya dan tutup rapat


Keempat
Masukkan dalam toples atau wadah dan tutup rapat



Nah, Itulah tadi cara membuat clay dengan tepung, begitu mudah bukan. Clay ini biasa saya gunakan untuk menutupi atau membentuk dindin miniatur yang saya buat. seperti video di bawah ini :





Tidak ada komentar:

Posting Komentar

SLIME KIT SlimeDong - Paket Pembuat Slime 100% berhasil

Slime merupakan mainan di segala kalangan, entah itu anak-anak maupun orang dewasa. Konon katanya Slime bisa membatu untuk merefleksi otak d...